Apabila kalian punya ide, ilmu atau sesuatu yang ingin diungkapkan baik itu perasaan atau maupun pikiran. Mungkin kalian pernah mendengar Blog. Ini bukanlah hal baru karena banyak sekali seperti pelatihan atau seminar yang mempromosikan blog. Namun saat ini kita lebih kepada yang spesifik yaitu tentang WordPress.

Sebenarnya banyak platform yang mendukung fitur blog, seperti di Facebook yang bisa memposting di dinding seperti tulisan, gambar, dan video juga Twitter kalian bisa membuat hal yang sama namun dengan keterbatasan huruf ataupun kalimat di sana. Tetapi sosial media tersebut memiliki kekurangan sehingga menjadi alasan harus menggunakan WordPress

1. Konten yang anda buat di sosial media Kemungkinan tidak akan muncul di search engine

Anda mungkin punya pengalaman setelah menulis sesuatu kemudian mencarinya di search engine tetapi tidak akan menemukan tulisan yang anda buat. Hal ini karena algoritma Google bisa jadi tidak terlalu memperhatikan konten-konten di sosial media meskipun beberapa akan keluar Itu pun apabila tidak ada website yang menjadi hasil dari Google.

Bahkan kebanyakan konten di sosial media dimanfaatkan oleh para pemilik website agar menjadi konten mereka sehingga kredit yang diterima itu kepada website tersebut daripada anda. Seperti halnya cuitan para tokoh di Twitter, tinggal di copy paste oleh website berita sehingga saat mencari suatu peristiwa itu tidak langsung kepada cuitan tersebut tetapi kepada website berita yang mengcopy cuitan Twitter. Walaupun mungkin ada cuitan ada di hasil pencarian tetapi orang malah lebih memilih membuka website daripada Twitter anda.

2. Memperluas cakupan yang melihat konten anda

Postingan anda di sosial media itu yang biasanya hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang follower anda atau teman anda. Tentu Sebenarnya ada fitur share, tetapi yang menikmati hanyalah orang-orang itu sosial media tersebut, Bagaimana kalau orang yang membaca konten anda itu tidak terdaftar di sosial media sehingga konten anda itu tidak bisa dinikmati, karena regulasi sosial media nya harus daftar dulu baru bisa baca.

Berbeda apabila anda website yang tentu saja setiap orang bisa menikmatinya dan ini bisa lintas platform, tinggal masukkan link ke socmed. WordPress yang anda akan gunakan nantinya pun akan memiliki fitur share social media baik itu Facebook, Twitter dan media sosial yang lain. Search engine Google yang diakses banyak orang pun akan menjadi calon pembaca yang melihat konten anda.

3. Manajemen konten di WordPress lebih rapi

Postingan di sosial media itu pasti akan berantakan. Seseorang biasanya akan memposting berbagai hal di sosial medianya seperti pendapat mengenai sesuatu, hari ini bahas A besok bahas B, besoknya lagi bahas C kemudian bahas A kembali, hal ini lah yang membuat postingan seseorang di sosial media tidak rapi. Berbeda dengan WordPress, disana anda dapat mengkategorikan tulisan. anda bisa buat apapun di wordpress dan konten yang anda buat bisa dikategorikan sehingga menjadi rapi dan mudah pula dicari. WordPress juga dapat dibantu dengan google analytic yang berfungsi untuk melihat berapa banyak orang menikmati konten anda.

4. Anda bebas di sana

Di sosial media biasanya tampilannya putih di Facebook biru putih juga ya Twitter ? Tetapi di WordPress kalian bebas menentukan tampilan website anda, dengan bantuan berbagai tema dan plug in untuk membantu produktivitas anda dalam membuat konten. Didukung berbagai komunitas tutorialnya di search engine, YouTube, komunitas, buku, dan yang lainnya. Dan ini gratis

5. Bisa di monetisasi

Berbeda dengan sosial media yang mana konten-konten yang anda buat biasanya tidak dibayarkan mereka. Namun dengan website, Anda bisa memasukkan iklan ke dalamnya. Apalagi konten anda itu sangat dicari oleh banyak orang.

Kesimpulan dari pesan saya ini bukan untuk meninggalkan sosial media. Sosial media memiliki massa, karena itu jadikan sebagai ladang promosi untuk konten anda di wordpress atau website. Apabila anda ingin fokus dalam menulis atau membuat konten atau menjadi konten kreator, membuat website menjadi sebuah keharusan dan saya menganjurkan anda untuk gunakan WordPress sebagai platform.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *